Sepatu Merek Lokal
Kualitas Branded Makin Diburu
Sepatu
termasuk salah satu produk fesyen yang menunjang penampilan seseorang, baik
pria maupun wanita. Bahkan sepatu khususnya brand luar negeri asal Eropa tak
hanya berfungsi sebagai pelindung kaki, namun juga menjadi simbol status. Sebut
saja sepatu brand Christian Dior, Clarks, Kickers, Bally, Hermes, Gucci, LV dan
sebagainya. Namun di tengah kebanggaan pencinta sepatu branded yang harganya
mencapai jutaan rupiah itu, kini mulai banyak produsen sepatu lokal yang unjuk
gigi membuat sepatu yang desainnya tak kalah dengan branded Eropa dengan
kualitas bersaing namun harga jualnya lebih murah. Bahkan sepatu-sepatu karya
produsen lokal tersebut juga diminati konsumen luar negeri, berkat pengembangan
desain dan inovasinya. Lalu seperti apa potensi bisnis sepatu lokal yang kini
menjadi alternatif pilihan konsumen terutama bagi segmen menengah atas?
Keberadaan sepatu tak lepas dari kebutuhan setiap
orang untuk menunjang aktivitasnya. Seperti halnya produk fesyen lainnya,
sepatu juga mengalami perkembangan tren model, yang biasanya mengacu pada brand
sepatu luar yang tengah dikenakan oleh artis luar negeri. Seperti ketika
Victoria Beckam mengenakan sepatu yang terbuat dari satin hitam dengan hak
setinggi 16,5 cm dan 6,35 cm di sol bagian depan. Beberapa hal setelah Victoria
mengenakan sepatu Christian Louboutin tersebut, sepatu-sepatu serupa menjadi
serbuan pencinta mode, hingga dibutik sepatu Louboutin sepatu ala Victoria itu
ludes terjual.
Sepatu
branded memang masih menjadi incaran khususnya bagi kaum berduit, tak ayal hal
itu membuat para produsen sepatu lokal ini berlomba-lomba membuat sepatu yang
bisa memenuhi hasrat dan selera komponen yang menyukai model sepatu branded
namun memberikan pilihan harga lebih terjangkau. Para produsen lokal ini
membuat sepatu dengan kualitas bahan yang hampir sama dengan branded, namun ada
beberapa pengembangan inovasi yang dilakukan. Seperti halnya sepatu lokal merek
Seba Shoes yang mengadopsi desain seperti brand Paul Smith namun ada
pengembangan dengan memberikan aplikasi tali yang tidak dijumpai pada brand
Paul Smith. Penggunaan sol sepatu yang warnanya cerah seperti merah, kuning,
biru juga tengah menjadi tren.
Dipasaran
banyak dijumpai sepatu yang memiliki model branded dengan berbagai tipe dan
kualitas sepatu KW, diantaranya mulai dari sepatu riject, sepatu replika,
sepatu KW super, KW1, KW2 dan KW3. Yang dimaksud sepatu riject adalah sepatu
original (sepatu asli) dari produsen sepatu resmi tetapi tidak lulus quality
control (pengecekan kualitas) sehingga ditolak oleh pemegang merek, karena
tidak sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan oleh pemegang merek.
Lain
halnya dengan sepatu replika yang bukan merupakan sepatu asli, namun modelnya
sangat menyerupai sepatu asli, namun modelnya sangat menyerupai sepatu asli
(90-99%) baik dalam kualitas bahan, warna, jahitan dan model serta detail
rancangannya. Harga sepatu replika, dalam hal kualitas bahan, warna dan
kerapian pembuatan, namun harganya lebihnmurah, sedangkan sepatu KW1 mendekati
kualitas sepatu KW Super. Untuk kategori sepatu murah di bawah KW1 seperti KW2
dan KW3 perbedaan kualitasnya cukup mencolok di mana bahan sepatu yang
digunakan kurang bagus, jahitan tidak rapih dan kurang nyaman di pakai.
Kisaran
harga sepatu replikas di bawah sepatu asli branded yang paling murah Rp. 1
juta, super premium rata-rata Rp. 600 ribu – 1 juta, KW 1 Rp. 300-500 ribu, KW2
Rp. 100-200 ribu, dan KW# di bawah Rp. 100 ribu. Bisanya sepatu replikas, super
premium dan KW tersebut dibuat oleh produk impor asal China maupun Korea, serta
produsen lokal yang menyasar pangsa pasar menengah ke bawah. Menghadapi
persaingan yang ketat dengan produk impor dan produsen lokal yang menghadirkan sepatu
dengan kualitas branded namun ada sentuhan inovasi yang memberikan pilihan lain
bagi konsumen yang biasa membeli sepatu branded, apalagi harga jualnya lebih
terjangkau. Sebagai gambaran sepatu sandal branded asli merek dengan aksen batu
dan mutiara di jual seharga Rp. 2,5 juta dan sepatu produk lokal kualitas
branded Rp. 450-950 ribu. Meski begitu ada pula produsen sepatu lokal yang
berani menawarkan harga jutaan rupiah karena desainnya yang eksklusif,
costumized dan limited.
Dengan
memberikan pilihan model sepatu yang tampilannya seperti branded, kini produk
sepatu lokal juga semakin banyak diminati. Bahkan banyak pelaku usaha yang
membuat jenis sepatu yang masih jarang pelakunya. Seperti halnya Rivan Satria,
pemilik Zevin Shoes yang membidik usaha sepatu model boot untuk pria khususnya
dari umur 17 hingga kalangan eksekutif muda usia 17 hingga kalangan eksekutif
muda usia 35 tahun karena masih belum banyaknya pemain pada segmen tersebut.
Nilai Plus
Bagi produsen sepatu lokal yang kualitasnya seperti branded
ini faktor kenyamanan, keamanan, serta kesesuaian sepatu dengan bentuk /
geometri kaki orang Indonesia mutlak dilakukan. Tak heran jika bahan baku yang
digunakan rata-rata berkualitas dengan menggunakan bahan kulit sapi maupun
kambing asli asal impor seperti Perancis dan Italia. Selain itu bisa pula
menggunakan bahan kanvas, kulit buaya, dan sebagainya. Begitu juga soal sepatu
biasanya dari bahan karet yang tahan minyak impor seperti Italia seperti karet
molded, karet EVA (ethyl vinyl acetate merupakan bahan sintetis mirip karet)
dan karet mentah. Kontrol kualitas juga penting dilakukan, sehingga tidak
terjadi salah jahit atau lem tidak rapih, apalagi jika soal sol sepatu tidak
bisa melekat dengan sempurna.
Selain
itu pelaku usaha juga bisa memberikan layanan tambahan misalnya jasa pemasangan
aksesori sepatu dari pita, renda, hingga batu alam, dan desain sepatu
costumized. Menariknya, pelaku usaha sepatu lokal kualitas branded yang menyasar kelas menengah atas ini membuat
produknya dalam jumlah terbatas , dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan
produk branded. Hal ini memberikan daya tarik sendiri bagi konsumen karena
tidak pasaran. Seperti Seba Shoes yang hanya dibuat 4 pcs untuk model sepatu.
Untuk lebih memanjakan konsumen, dalam sebulan setidaknya ditawarkan 10 hingga
15 desain baru.
Strategi
Pasar
Dalam memasarkan sepatu berkualitas seperti branded
ini, bisa dilakukan dengan menyewa outlet di daerah strategis, mengikuti
pameran nasional maupun internasional, tititp jual di butik sepatu hingga mal,
dan promosi lewat jejaring sosial. Agar produk sepatu ini tetap bisa diterima
di pasar, sebaiknya pelaku usaha juga melakukan riset pasar sebelum membuat
desain sehingga benar-benar mengetahui desain yang disukai konsumen dan menekan
resiko produk tidak laku terjual.
Target
pasar sepatu kualitasnya seperti branded ini sebaiknya menyasar kelas menengah
atas mengingat sepatu ini bisa menjadi pilihan dengan menawarkan kenyamanan dan
kualitas serta desain tak kalah dengan branded. Lain halnya dengan kelas menengah
ke bawah, harga sepatu yang murah masih menjadi daya tarik utama dan kualitas
serta daya tahannya kurang bagus.
Dengan
desain esklusif dan limited, kini produk sepatu lokal berkualitas dan desain
mengikuti tren sepatu branded ini mampu menjaring konsumen kelas premium. Tak
heran jika omset yang bisa diraup dari bisnis sepatu lokal kelas premium ini
mencapai ratusan jutaan rupiah per bulan. Sebut saja Seba Shoes yang mampu
menjual hingga 300 pasang sepatu dengan omset hingga Rp. 150 juta, atau Shoes Bar
yang terjual hingga Rp. 200 juta per bulan, dengan keuntungan hingga 50%. Jadi
jika Anda ingin ikut meramaikan peluang bisnis sepatu premium berkualitas
seperti branded ini tak ada salahnya mengikuti sepak terjang pelaku usaha yang
profilnya kami tampilkan di lembar-lembar halaman berikut. Siapa tahu Anda juga
bakal kebanjiran order!!. Ekawati, Tim
Utama
Perhitungan
Usaha Sepatu Tembakan Branded
Sebagai bagian dari fashion, model sepatu selalu
berkembang. Saat ini sepatu yang modelnya mengikuti desain seperti halnya
sepatu branded tengah diminati. Hal ini membuka peluang bagi pelaku usaha yang
ingin terjun di bisnis ini. Berikut kami tampilkan contoh gambaran awal usaha
produksi sepatu yang didesain seperti branded dengan pengembangan desain
sendiri. Eva
Barang Modal Rp.
10.000.000
Mesin Gerinda dan
mesin seset kulit
Pengeluaran Bulan Pertama
Bahan Baku dan Peralatan Rp. 6.400.000
Bahan kulit 10 kg
@Rp. 170.000 Rp.
1.700.000
Bahan sintetis 30m
@Rp. 90.000/m Rp.
2.700.000
Bahan lain (lem,
outsole, insole, Rp.
2.000.000
Hak, aksesori)
Operasional Rp.
3.600.000
Gaji pegawai 2 orang
@Rp. 1.200.000 Rp.
2.400.000
Biaya telepon dan
listrik Rp. 700.000
Operasional dan
transpor Rp. 500.000
Dari perhitungan di
atas, modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini sebesar Rp. 20.000.000.
untuk 10 kg bahan kulit bisa memproduksi 20 pasang sepatu dengan harga yang
ditawarkan berkisar Rp. 500.000, bahan sintetis dapat memproduksi 80 pasang
sepatu dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp. 200.000. maka dapat
diproyeksikan :
Omset produksi sepatu Rp.
26.000.000
Penjualan 20 pasang
sepatu x Rp. 500.000 Rp.
10.000.000
Penjualan 80 pasang
sepatu x Rp. 200.000 Rp.
16.000.000
Bahan baku dan Alat Rp.
6.400.000
Operasional Rp.
3.600.000
Keuntungan Bersih (61%)
(Penjualan – Total
pengeluaran)
(Rp. 26.000.000 –
10.000.000)
Return on
investement (balik modal setelah 1,5 bulan
Info Lebih Lanjut Bahan Baku
Guntur Leather
Jl. Guntur No. 38,
Jakarta Selatan
Steven (Guntur
Leather)
081585721279 /
02146411722 / 0218310727
Toko Amen
Jl. Pasar Lama Utara
26, Bali Master, Jatinegara, Jakarta Timur
Telp. 021 85904761
ISS (Indo Shoes Material Supply)
Jl. Mangga Dua Raya
Harco Mangga Dua Blok G32, Jakarta Barat 10730
Telp. 021 6129161,
6129162, Fax. 021 6019435
Toha (anggota APTA)
Kampung Ketos Kec.
Pasar Kemis, Tangerang
Telp. 081310435337
Toko 548
Jl. Mojopahit 548,
Kranggan, Prajurit, Kulon, Mojokerto
Telp. 0321 394809
Toko Agung
Jl. Kramat Gantung
171-173, Alun-alun Contong, Bubutan Surabaya
Telp. 031 5478959
33 Toko
Jl. Imam Bonjol Ruko
252-DEF, Permecutan Klod, Denpasar Barat, Bali
Tlp. 0361 484712
Albano Mandiri
Jl. Sutrisno
425/207, Sei Rengas I, Medan
Telp. 061 7354758
2 komentar: on "Sepatu Merek Lokal Kualitas Branded Makin Diburu"
maju trus buat produk lokal sepatu lokal ga kalah bagus ama produk luar
BANDAR BETTING ONLINE TERPERCAYA SEASIA
BOLATAIPAN SITUS JUDI BOLA
KLUBTAIPAN SITUS PREDIKASI DAN JADWAL BOLA
Tidak Ada Minimal Deposit
Minimal Withdraw Rp50.000
BOLATAIPAN Link Pintasan BOLATAIPAN
Promo Yang berlaku Di
HOT PROMO :
- Bonus Deposit New Member 15%
- Bonus Deposit Setiap Hari 10%
- Bonus Cashback Mingguan Sportbook Hingga 15%
- Bonus Refrensi Seumur Hidup 2,5%
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Poker 0.2%
- Bonus Cashback Togel AGOGO4d 3%
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5% , 2D : 29.5%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%
Silahkan Di Add langsung sosmed Bolataipan ya bosku ^^
LINE : bolataipan
Twitter : @BolaTaipan
Fanspage : @BolaTaipan
Instagram : @bolataipan99
Telegram Channel : bit.ly/parlaybolajalan
WA : +62822-8720-0776
Posting Komentar