Kamis, 31 Mei 2012

Sepatu Merek Lokal Kualitas Branded Makin Diburu

Sepatu Merek Lokal Kualitas Branded Makin Diburu

  • ·         Untung Usaha Sepatu Kualitas Branded Bisa hingga 50%

Sepatu termasuk salah satu produk fesyen yang menunjang penampilan seseorang, baik pria maupun wanita. Bahkan sepatu khususnya brand luar negeri asal Eropa tak hanya berfungsi sebagai pelindung kaki, namun juga menjadi simbol status. Sebut saja sepatu brand Christian Dior, Clarks, Kickers, Bally, Hermes, Gucci, LV dan sebagainya. Namun di tengah kebanggaan pencinta sepatu branded yang harganya mencapai jutaan rupiah itu, kini mulai banyak produsen sepatu lokal yang unjuk gigi membuat sepatu yang desainnya tak kalah dengan branded Eropa dengan kualitas bersaing namun harga jualnya lebih murah. Bahkan sepatu-sepatu karya produsen lokal tersebut juga diminati konsumen luar negeri, berkat pengembangan desain dan inovasinya. Lalu seperti apa potensi bisnis sepatu lokal yang kini menjadi alternatif pilihan konsumen terutama bagi segmen menengah atas?

Keberadaan sepatu tak lepas dari kebutuhan setiap orang untuk menunjang aktivitasnya. Seperti halnya produk fesyen lainnya, sepatu juga mengalami perkembangan tren model, yang biasanya mengacu pada brand sepatu luar yang tengah dikenakan oleh artis luar negeri. Seperti ketika Victoria Beckam mengenakan sepatu yang terbuat dari satin hitam dengan hak setinggi 16,5 cm dan 6,35 cm di sol bagian depan. Beberapa hal setelah Victoria mengenakan sepatu Christian Louboutin tersebut, sepatu-sepatu serupa menjadi serbuan pencinta mode, hingga dibutik sepatu Louboutin sepatu ala Victoria itu ludes terjual.

            Sepatu branded memang masih menjadi incaran khususnya bagi kaum berduit, tak ayal hal itu membuat para produsen sepatu lokal ini berlomba-lomba membuat sepatu yang bisa memenuhi hasrat dan selera komponen yang menyukai model sepatu branded namun memberikan pilihan harga lebih terjangkau. Para produsen lokal ini membuat sepatu dengan kualitas bahan yang hampir sama dengan branded, namun ada beberapa pengembangan inovasi yang dilakukan. Seperti halnya sepatu lokal merek Seba Shoes yang mengadopsi desain seperti brand Paul Smith namun ada pengembangan dengan memberikan aplikasi tali yang tidak dijumpai pada brand Paul Smith. Penggunaan sol sepatu yang warnanya cerah seperti merah, kuning, biru juga tengah menjadi tren.

            Dipasaran banyak dijumpai sepatu yang memiliki model branded dengan berbagai tipe dan kualitas sepatu KW, diantaranya mulai dari sepatu riject, sepatu replika, sepatu KW super, KW1, KW2 dan KW3. Yang dimaksud sepatu riject adalah sepatu original (sepatu asli) dari produsen sepatu resmi tetapi tidak lulus quality control (pengecekan kualitas) sehingga ditolak oleh pemegang merek, karena tidak sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan oleh pemegang merek.
            Lain halnya dengan sepatu replika yang bukan merupakan sepatu asli, namun modelnya sangat menyerupai sepatu asli, namun modelnya sangat menyerupai sepatu asli (90-99%) baik dalam kualitas bahan, warna, jahitan dan model serta detail rancangannya. Harga sepatu replika, dalam hal kualitas bahan, warna dan kerapian pembuatan, namun harganya lebihnmurah, sedangkan sepatu KW1 mendekati kualitas sepatu KW Super. Untuk kategori sepatu murah di bawah KW1 seperti KW2 dan KW3 perbedaan kualitasnya cukup mencolok di mana bahan sepatu yang digunakan kurang bagus, jahitan tidak rapih dan kurang nyaman di pakai.

            Kisaran harga sepatu replikas di bawah sepatu asli branded yang paling murah Rp. 1 juta, super premium rata-rata Rp. 600 ribu – 1 juta, KW 1 Rp. 300-500 ribu, KW2 Rp. 100-200 ribu, dan KW# di bawah Rp. 100 ribu. Bisanya sepatu replikas, super premium dan KW tersebut dibuat oleh produk impor asal China maupun Korea, serta produsen lokal yang menyasar pangsa pasar menengah ke bawah. Menghadapi persaingan yang ketat dengan produk impor dan produsen lokal yang menghadirkan sepatu dengan kualitas branded namun ada sentuhan inovasi yang memberikan pilihan lain bagi konsumen yang biasa membeli sepatu branded, apalagi harga jualnya lebih terjangkau. Sebagai gambaran sepatu sandal branded asli merek dengan aksen batu dan mutiara di jual seharga Rp. 2,5 juta dan sepatu produk lokal kualitas branded Rp. 450-950 ribu. Meski begitu ada pula produsen sepatu lokal yang berani menawarkan harga jutaan rupiah karena desainnya yang eksklusif, costumized dan limited.

            Dengan memberikan pilihan model sepatu yang tampilannya seperti branded, kini produk sepatu lokal juga semakin banyak diminati. Bahkan banyak pelaku usaha yang membuat jenis sepatu yang masih jarang pelakunya. Seperti halnya Rivan Satria, pemilik Zevin Shoes yang membidik usaha sepatu model boot untuk pria khususnya dari umur 17 hingga kalangan eksekutif muda usia 17 hingga kalangan eksekutif muda usia 35 tahun karena masih belum banyaknya pemain pada segmen tersebut.

Nilai Plus
Bagi produsen sepatu lokal yang kualitasnya seperti branded ini faktor kenyamanan, keamanan, serta kesesuaian sepatu dengan bentuk / geometri kaki orang Indonesia mutlak dilakukan. Tak heran jika bahan baku yang digunakan rata-rata berkualitas dengan menggunakan bahan kulit sapi maupun kambing asli asal impor seperti Perancis dan Italia. Selain itu bisa pula menggunakan bahan kanvas, kulit buaya, dan sebagainya. Begitu juga soal sepatu biasanya dari bahan karet yang tahan minyak impor seperti Italia seperti karet molded, karet EVA (ethyl vinyl acetate merupakan bahan sintetis mirip karet) dan karet mentah. Kontrol kualitas juga penting dilakukan, sehingga tidak terjadi salah jahit atau lem tidak rapih, apalagi jika soal sol sepatu tidak bisa melekat dengan sempurna.

            Selain itu pelaku usaha juga bisa memberikan layanan tambahan misalnya jasa pemasangan aksesori sepatu dari pita, renda, hingga batu alam, dan desain sepatu costumized. Menariknya, pelaku usaha sepatu lokal kualitas branded  yang menyasar kelas menengah atas ini membuat produknya dalam jumlah terbatas , dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan produk branded. Hal ini memberikan daya tarik sendiri bagi konsumen karena tidak pasaran. Seperti Seba Shoes yang hanya dibuat 4 pcs untuk model sepatu. Untuk lebih memanjakan konsumen, dalam sebulan setidaknya ditawarkan 10 hingga 15 desain baru.

Strategi Pasar
Dalam memasarkan sepatu berkualitas seperti branded ini, bisa dilakukan dengan menyewa outlet di daerah strategis, mengikuti pameran nasional maupun internasional, tititp jual di butik sepatu hingga mal, dan promosi lewat jejaring sosial. Agar produk sepatu ini tetap bisa diterima di pasar, sebaiknya pelaku usaha juga melakukan riset pasar sebelum membuat desain sehingga benar-benar mengetahui desain yang disukai konsumen dan menekan resiko produk tidak laku terjual.

            Target pasar sepatu kualitasnya seperti branded ini sebaiknya menyasar kelas menengah atas mengingat sepatu ini bisa menjadi pilihan dengan menawarkan kenyamanan dan kualitas serta desain tak kalah dengan branded. Lain halnya dengan kelas menengah ke bawah, harga sepatu yang murah masih menjadi daya tarik utama dan kualitas serta daya tahannya kurang bagus.

            Dengan desain esklusif dan limited, kini produk sepatu lokal berkualitas dan desain mengikuti tren sepatu branded ini mampu menjaring konsumen kelas premium. Tak heran jika omset yang bisa diraup dari bisnis sepatu lokal kelas premium ini mencapai ratusan jutaan rupiah per bulan. Sebut saja Seba Shoes yang mampu menjual hingga 300 pasang sepatu dengan omset hingga Rp. 150 juta, atau Shoes Bar yang terjual hingga Rp. 200 juta per bulan, dengan keuntungan hingga 50%. Jadi jika Anda ingin ikut meramaikan peluang bisnis sepatu premium berkualitas seperti branded ini tak ada salahnya mengikuti sepak terjang pelaku usaha yang profilnya kami tampilkan di lembar-lembar halaman berikut. Siapa tahu Anda juga bakal kebanjiran order!!. Ekawati, Tim Utama

Perhitungan Usaha Sepatu Tembakan Branded
Sebagai bagian dari fashion, model sepatu selalu berkembang. Saat ini sepatu yang modelnya mengikuti desain seperti halnya sepatu branded tengah diminati. Hal ini membuka peluang bagi pelaku usaha yang ingin terjun di bisnis ini. Berikut kami tampilkan contoh gambaran awal usaha produksi sepatu yang didesain seperti branded dengan pengembangan desain sendiri. Eva
Barang Modal                                                                        Rp. 10.000.000
Mesin Gerinda dan mesin seset kulit

Pengeluaran Bulan Pertama
Bahan Baku dan Peralatan                                                   Rp. 6.400.000
Bahan kulit 10 kg @Rp. 170.000                             Rp. 1.700.000
Bahan sintetis 30m @Rp. 90.000/m                         Rp. 2.700.000
Bahan lain (lem, outsole, insole,                                Rp. 2.000.000
Hak, aksesori)

Operasional                                                                            Rp. 3.600.000
Gaji pegawai 2 orang @Rp. 1.200.000                     Rp. 2.400.000
Biaya telepon dan listrik                                             Rp.    700.000
Operasional dan transpor                                           Rp.    500.000

Dari perhitungan di atas, modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha ini sebesar Rp. 20.000.000. untuk 10 kg bahan kulit bisa memproduksi 20 pasang sepatu dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp. 500.000, bahan sintetis dapat memproduksi 80 pasang sepatu dengan harga yang ditawarkan berkisar Rp. 200.000. maka dapat diproyeksikan :

Omset produksi sepatu                                                         Rp. 26.000.000
Penjualan 20 pasang sepatu x Rp. 500.000                Rp. 10.000.000
Penjualan 80 pasang sepatu x Rp. 200.000                Rp. 16.000.000

Bahan baku dan Alat                                                             Rp. 6.400.000
Operasional                                                                            Rp. 3.600.000
Keuntungan Bersih (61%)
(Penjualan – Total pengeluaran)
(Rp. 26.000.000 – 10.000.000)
Return on investement (balik modal setelah 1,5 bulan

Info Lebih Lanjut Bahan Baku

Guntur Leather
Jl. Guntur No. 38, Jakarta Selatan
Steven (Guntur Leather)
081585721279 / 02146411722 / 0218310727

Toko Amen
Jl. Pasar Lama Utara 26, Bali Master, Jatinegara, Jakarta Timur
Telp. 021 85904761

ISS (Indo Shoes Material Supply)
Jl. Mangga Dua Raya Harco Mangga Dua Blok G32, Jakarta Barat 10730
Telp. 021 6129161, 6129162, Fax. 021 6019435

Toha (anggota APTA)
Kampung Ketos Kec. Pasar Kemis, Tangerang
Telp. 081310435337

Toko 548
Jl. Mojopahit 548, Kranggan, Prajurit, Kulon, Mojokerto
Telp. 0321 394809

Toko Agung
Jl. Kramat Gantung 171-173, Alun-alun Contong, Bubutan Surabaya
Telp. 031 5478959

33 Toko
Jl. Imam Bonjol Ruko 252-DEF, Permecutan Klod, Denpasar Barat, Bali
Tlp. 0361 484712

Albano Mandiri
Jl. Sutrisno 425/207, Sei Rengas I, Medan
Telp. 061 7354758





Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

2 komentar: on "Sepatu Merek Lokal Kualitas Branded Makin Diburu"

Unknown mengatakan...

maju trus buat produk lokal sepatu lokal ga kalah bagus ama produk luar

Taipan Blogg mengatakan...

BANDAR BETTING ONLINE TERPERCAYA SEASIA

BOLATAIPAN SITUS JUDI BOLA
KLUBTAIPAN SITUS PREDIKASI DAN JADWAL BOLA

Tidak Ada Minimal Deposit
Minimal Withdraw Rp50.000

BOLATAIPAN Link Pintasan BOLATAIPAN

Promo Yang berlaku Di
HOT PROMO :

- Bonus Deposit New Member 15%
- Bonus Deposit Setiap Hari 10%
- Bonus Cashback Mingguan Sportbook Hingga 15%
- Bonus Refrensi Seumur Hidup 2,5%
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Poker 0.2%
- Bonus Cashback Togel AGOGO4d 3%

Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5% , 2D : 29.5%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

Silahkan Di Add langsung sosmed Bolataipan ya bosku ^^


LINE : bolataipan
Twitter : @BolaTaipan
Fanspage : @BolaTaipan
Instagram : @bolataipan99
Telegram Channel : bit.ly/parlaybolajalan
WA : +62822-8720-0776